SUDAHKAH ANDA SHOLAT ???

Rabu, 31 Juli 2013

GURU ITU SEPERTI PETANI

Assalamualaikum wr wb



Guru itu seperti petani, sama-sama menanam kebaikan dan mengharapkan kebaikan tumbuh berkembang sehingga bermanfaat bagi umat manusia.Coba kita perhatikan apa yang dilakukan seorang petani terhadap tanamannya, mereka berusaha semaksimalnya untuk merawat, menjaga, memberi pupuk agar tanaman padinya bisa tumbuh berkembang dengan baik. Ketika disekelilingnya bermunculan rumput yang mengganggu maka dengan segera petani tersebut membersihkannya agar tidak mengganggu pertumbuhan padinya, begitupun ketika muncul hama dan ancaman yang lain semisal tikus maka dengan segala daya upaya mereka akan berusaha untuk memberantasnya. Dan tentunya mereka selalu berdoa agar tanamannya bisa menghasilkan padi berkualitas sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup dirinya juga orang-orang pada umumnya.
Tahukah anda bahwa hal yang demikian juga berlaku pada seorang guru yang baik, pada hakikatnya seorang guru juga menanam, ya mereka menanam nilai-nilai kebaikan kepada seluruh muridnya. Pahlawan tanpa tanda jasa ini mengasah kemampuan, mengasihi dengan setulus hati dan mengasuh dengan ikhlas layaknya anak kandung sendiri. Mereka membuka cakrawala, mengajari membaca huruf demi huruf, mengajari kata demi kata untuk diuntai dipahami menjadi sebuah kalimat, mengajari bagaimana memaksimalkan potensi diri yang ada, dan yang utama mereka membentuk pribadi-pribadi tangguh melalui penanaman akhlak, moral, nilai-nilai keagamaan yang kelak bermanfaat di kemudian hari. Mereka berusaha membentengi  benalu-benalu parasit yang hendak menggerogoti keutuhan jiwa anak didiknya, membentengi karakter positif anak didiknya dari pengaruh dunia luar yang jauh dari tuntunan. Mereka tidak ingin kebaikan yang sudah ditanamkan pada diri anak didiknya rusak begitu saja karena tergerus bermacam budaya luar yang bersifat destruktif.
Dan pada akhirnya seorang guru yang baik akan selalu muncul pada jiwanya tanggung jawab moral dan spiritual agar mereka bisa mengantarkan anak didiknya didalam menghadapi kehidupan yang semakin keras ini, tentunya dengan bekal ilmu pengetahuan, ketrampilan dan akhlak mulia yang telah ditanamkan kepada mereka. Guru yang baik akan selalu mendoakan anak didiknya agar mereka bisa menjadi orang yang berhasil dan bermanfaat bagi orang-orang lain disekelilingnya, karena tidak ada hal yang lebih membahagiakan bagi seorang guru kecuali melihat anak didiknya sukses.
Guru yang sejati tidak akan pernah menyesal atas pilihan profesinya, karena luasnya ladang amal yang ada didalamnya...
Wassalamualaikum wr wb

1 komentar:

Suparjo Sutogaten mengatakan...

Oke bermnfaat buat bloger.mks.

Islam dengan Al Qur’an sebagai kitab sucinya adalah agama yang sempurna*****mencakup segala aspek kehidupan yang mengatur manusia dari tarikan nafas pertama didunia hingga hembusan nafas terakhir hidup manusia ****** bahkan mencakup pengetahuan kehidupan setelah kematian. *****Sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenaran Al Qur an dan Sunah Rosululloh sebagai pedoman hidup umat Islam.*****Dan janganlah kita berbuat dholim dengan menambah atau mengurangi ajaran Allah ini.*****Cukuplah bencana yang bertubi-tubi mendera negeri ini mengingatkan kita.