SUDAHKAH ANDA SHOLAT ???

Senin, 26 Januari 2015

Amal Yang Tersembunyi



Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Dahulu di zaman para sahabat dan generasi soleh berikutnya, tak ada pada diri mereka rasa khawatir melebihi kekhawatiran akan amal soleh yang diketahui orang lain. Ketika di medan jihad malam harinya pura-pura tertidur lelap namun ketika semua sudah tertidur mereka bangun menyendiri untuk berdekat-dekatan dengan Allah swt bersujud menangis dalam sujudnya, ketika pagi subuh kedatangan tamu lagi-lagi mereka berpura-pura bangun tidur padahal baru saja selesai  shalat tahajud, tersebutlah juga kisah indah yang datang dari Ali bin Husein bin Ali bin Abu Thalib atau dikenal dengan Zainul Abidin beliau adalah cucu dari sahabat  Ali bin Abu Thalib.
Di masa itu ketika pagi hari  orang miskin di kota Madinah sering sekali mendapatkan bahan makanan tepung didepan pintunya namun mereka tidak tahu lelaki misterius yang membagi-bagikan sedekahnya itu hingga menjadi teka-teki di kegelapan malam. Sampai ketika akhirnya Ali bin Husein wafat dan jenazahnya dimandikan terlihat ada bekas hitam di punggungnya dan ini hanya ada di punggung orang yang sering mengangkat benda berat, orang-orang yang memandikan terheran dengan apa yang dilakukan Ali bin Husein selama ini tak ada jawaban sampai beliau dikuburkan.  
Beberapa waktu setelah Ali bin Husein wafat orang-orang miskin di Madinah tidak lagi menemukan lelaki misterius yang membagikan makanan di malam hari sehingga pahamlah mereka teka teki selama ini bahwa yang membagikan sedekahnya tidak lain adalah cicit nabi Muhammad saw yaitu Ali bin Husein. Subhanallah, sungguh begitu hati-hati mereka menyembunyikan amal solehnya sehingga sangat jauh dari sifat riya dan sombong.
Lalu bagaimanakah dengan kita? terlalu banyak dosa yang telah dilakukan dan hanya sedikit amalan kebaikan bisa dilakukan itupun terkadang terkalahkan oleh nafsu untuk mempertontonkan kepada yang lain,  betapa semua ini berpotensi gugur dikarenakan sifat riya dan ujub. Meski semua amalan memang tergantung dari niat, namun alangkah baiknya bila kita berhati-hati menjaganya agar benar-benar diridhai Allah swt . Wallahu a’lam.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

0 komentar:

Islam dengan Al Qur’an sebagai kitab sucinya adalah agama yang sempurna*****mencakup segala aspek kehidupan yang mengatur manusia dari tarikan nafas pertama didunia hingga hembusan nafas terakhir hidup manusia ****** bahkan mencakup pengetahuan kehidupan setelah kematian. *****Sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenaran Al Qur an dan Sunah Rosululloh sebagai pedoman hidup umat Islam.*****Dan janganlah kita berbuat dholim dengan menambah atau mengurangi ajaran Allah ini.*****Cukuplah bencana yang bertubi-tubi mendera negeri ini mengingatkan kita.