SUDAHKAH ANDA SHOLAT ???

Minggu, 20 April 2014

Tips memilih sekolah lanjutan


Ujian Nasional tingkat SLTP sudah semakin dekat, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pihak sekolah, orangtua, maupun siswa itu sendiri mulai dari les tambahan, Tes Uji Coba, mengundang motivator dan sebagainya. Setelah melakukan usaha dengan maksimal jangan lupa selalu berdoa semoga dimudahkan dalam mengerjakana soal dan semoga Tuhan memberikan hasil terbaiknya untuk kita semua.
Disamping mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional tidak ada salahnya ananda sekalian  siswa/siswi SMP/MTs kelas IX mulai mencari informasi sekolah semisal SMK yang bisa mengantarkan menuju cita-cita yang didambakan. Karena saya yakin semua orang tentunya menginginkan pendidikan yang terbaik untuk masa depannya.
Berikut ini tips yang insyaallah bisa menuntun adik-adik untuk mendapatkan SMK yang didambakan;
1.1      SMK Negeri dan Swasta mempunyai potensi yang sama untuk meningkatkan kualitasnya, mengingat semakin baiknya perhatian pemerintah terhadap pendidikan di sekolah negeri maupun swasta.
2.2      Di SMK terdapat banyak sekali jurusan (kompetensi keahlian) yang bisa dipilih, sesuaikan dengan bakat, minat dan kemampuan adik-adik.
3.3    Pilihlah sekolah yang mempunyai peralatan praktek yang lengkap, karena prosentase pembelajaran praktek di SMK lebih banyak daripada teori. Sangat tidak lucu ketika pembelajaran praktek tetapi disampaikan secara teori layaknya pelajaran sejarah, karena minimnya peralatan.
4.4    Sekolah yang baik akan memberikan pelayanan pendidikan semaksimalnya, dan salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan adalah tingginya tingkat kepuasan siswa alumni dan masyarakat. Untuk menjajaki hal ini tidak ada salahnya adik-adik melihat website/fesbuk/grup/tweeter sekolah yang tersebut untuk bisa melihat komentar para alumninya atau tanyakan secara langsung pada masyarakat disekitarnya.
5.5     Sekolah yang baik tidak hanya mampu meluluskan siswa/siswinya tetapi juga menghantarkan sampai ke dunia kerja ataupun ke perguruan tinggi, untuk hal ini lihatlah BKK ( Bursa Kerja Khusus ) yang dimiliki sekolah, bila perlu tanyakan data siswa yang telah bekerja/kuliah atau MOU dengan perusahaan/perguruan tinggi yang dimiliki.
6.6     Sekolah yang baik itu bukan karena gedungnya yang bagus, siswanya yang banyak, atau seragamnya yang keren abis, tetapi sekolah dimana didalamnya terdapat orang-orang yang bangga menjadi bagian didalamnya. Dan tentunya terdapat proses pendidikan yang berkualitas sehingga mampu membentuk karakter kuat siswa/siswinya untuk bekal menghadapi kehidupannya nanti.
7.7     Sejauh apapun letak sekolah yang baik bukan menjadi halangan bagi siswa yang ingin maju, apalagi sekarang pemerintah memberikan bantuan operasional sekolah 500 ribu/ siswa/semester di semua SMK tentu akan banyak membantu meringankan biaya pendidikan.
8.8     Kalau bisa mendapatkan sekolah lebih baik kenapa harus memilih yang biasa-biasa saja? ingatlah masa depan ada ditangan anda. Demikian tips dari kami selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Islam dengan Al Qur’an sebagai kitab sucinya adalah agama yang sempurna*****mencakup segala aspek kehidupan yang mengatur manusia dari tarikan nafas pertama didunia hingga hembusan nafas terakhir hidup manusia ****** bahkan mencakup pengetahuan kehidupan setelah kematian. *****Sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenaran Al Qur an dan Sunah Rosululloh sebagai pedoman hidup umat Islam.*****Dan janganlah kita berbuat dholim dengan menambah atau mengurangi ajaran Allah ini.*****Cukuplah bencana yang bertubi-tubi mendera negeri ini mengingatkan kita.