SUDAHKAH ANDA SHOLAT ???

Selasa, 12 Januari 2010

Tips untuk guru agar suasana kelas nyaman

Sudahkah anda melakukan hal hal berikut?
1. Guru harus mempunyai keinginan dalam dirinya untuk hadir dikelas.
Apakah profesi guru adalah profesi yang anda cintai? Jika ‘tidak’ sebaiknya anda berhenti dan memilih profesi yang lain. Jika anda mencintai profesi anda sebagai seorang guru, hadirlah dengan penuh cinta untuk peserta didik anda setiap kali anda di kelas. Berikan peserta didik apa yang terbaik dari yang anda punya. Mungkin ada permasalahan pribadi yang membuat anda terkadang malas untuk hadir didalam kelas, tinggalkan lah masalah itu jika anda si dalam kelas sehingga anda dapat memberikan yang terbaik untuk anak didik anda.


2. Sapalah anak didik anda
Berikan sapan yang hangat tiap kali anda sampai didalam kelas dengan tersenyum yang tidak dibuat buat

3. Jangan Pernah Memperlihatkan Amarah
Hal ini mungkin sulit dilakukan jika anda mendapati anak didik anda melakukan hal yang tidak sesuai dengan harapan anda. Untuk itu, berhentilah sejenak, ambil nafas, dan berfikir. Berkatalah dengan tegas untuk membuat anak mengerti bahwa anda bersungguh sungguh tetapi tidak dengan amarah.

4. Tidak ada Pertanyaan Yang tolol
Setiap anak didik berhak bertanya pada anda untuk mendapatkan kejelasan tentang materi yang anda ajarkan. Jangan pernah menganggap pertanyaan mereka adalah pertanyaan yang bodoh yang seharusnya tidak ditanyakan. Mungkin anda merasa kesal jika pertanyaan yang sudah diajukan satu peserta didik kemudian ada anak didik lain menanyakannya lagi. Jawablah dengan sabar “mmm sepertinya temanmu sudah menanyakan hal itu …”

5. Sebut anak didik anda dengan nama mereka satu persatu
Panggil nama anak didik anda satu persatu dengan nama mereka sehingga mereka tahu anda ada untuk mereka semua.

6. Berikan Positive feedback
Berikan positive feedback untuk tugas tugas yang telah dikerjakan oleh anak didik anda.
Kata kata seperti “Good Job” “Bagus” “Well done” Keep Trying” akan memotivasi mereka lebih baik lagi dalam mengerjakan setiap tugas yang diberikan.
http://www.teacherside.blogspot.com
Islam dengan Al Qur’an sebagai kitab sucinya adalah agama yang sempurna*****mencakup segala aspek kehidupan yang mengatur manusia dari tarikan nafas pertama didunia hingga hembusan nafas terakhir hidup manusia ****** bahkan mencakup pengetahuan kehidupan setelah kematian. *****Sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenaran Al Qur an dan Sunah Rosululloh sebagai pedoman hidup umat Islam.*****Dan janganlah kita berbuat dholim dengan menambah atau mengurangi ajaran Allah ini.*****Cukuplah bencana yang bertubi-tubi mendera negeri ini mengingatkan kita.